Ghozali Diminta Bayar Pajak Usai Jadi Miliarder Berkat Jualan Swafoto Lewat NFT

travelno
15 Jan 2022
1642163531169_nonfungibletokengd51d987c01920

Nama Ghozali tiba-tiba jadi viral, lantaran dirinya sukses menjadi miliarder berkat jualan swafoto lewat NFT. Ditjen Pajak Indonesia bergerak cepat dengan meminta Ghozali membuat Tax identity Number (TIN) atau Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP).

“Congratulations, Ghozali!” cuit akun Twitter @DitjenPajakRI, sambil mengirimkan link registrasi dan informasi pendaftararan NPWP.

Bahkan, DJP meminta Ghozali menghubungi @kring_pajak apabila mengalami kesulitan dalam proses registrasi.

Disindir warganet: Sebagian warganet langsung menyindir aksi gerak cepat DJP meminta Ghozali membuat NPWP. Pasalnya, Ghozali sendiri menjual karyanya lewat NFT dan mendapatkan pendapatan dalam mata uang kripto.

Seperti yang diketahui, saat ini sendiri mata uang kripto tidak berlaku di Indonesia, selain sebagai aset investasi (aset kripto). Bahkan Majelis Ulama Indonesia sendiri telah mengharamkan kripto sebagai mata uang.

Respon DJP: Dalam salah satu cuitannya, DJP menjelaskan Ghozali harus membayar objek pajak berupa pajak penghasilan. Adapun pajak penghasilan sendiri merupakan tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar Indonesia, yang dapat dipakai untuk konsumsi atau untuk menambah kekayaan Wajib Pajak yang bersangkutan, dengan nama dan dalam bentuk apa pun

Hal ini diatur dalam pasal 4 ayat 1 UU PPh yang kini telah diharmonisasikan menjadi UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

Satu foto laku hingga puluhan juta: Sebelumnya, nama Ghozali mendadak viral usai NFT-nya (Non-Fungible Token) berupa swafoto terjual hingga puluhan juta. Foto-foto itu merupakan swafoto yang diambilnya dari 2017-2021.

Sekadar informasi, Ghozali menjual swafoto dirinya di OpenSea dengan akun Ghozali Everyday senilai 0,001 ETH atau setara Rp48.000. Angkanya kini berkembang pesat hingga yang terendah ada di angka 0.29 ETH atau sekitar Rp48 juta.

Pada Kamis (13/12/2022) Ghozali Everyday mampu untuk menaikkan volume perdagangannya sebesar 280 ETH atau sekitar Rp 13,3 miliar. Beberapa selebriti sekelas Chef Arnold dan Reza Arap mengaku telah membeli foto dari pemuda asal Semarang, Jawa Tengah itu.

 

Sumber : https://asumsi.co/

Posted in

travelno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *